Membuat Mail Merge di Ms Word Terbaru ~ kadangkalanya kita perlu membuat surat massal untuk berbagai keperluan, salah satu program yang paling sering di gunakan adalah ms office word. Maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan coba share seputar membuat mail merge di ms word.
Cara Membuat mail merge di word 2007 & 2010 :
- Sebelumnya sobat harus membuat dokumen induk /dokumen utama, dalam contoh mungkin bisa di lihat di bawah ini
- Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama contoh “Formulir”.
Kemudian klik tab menu Mailings. - Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard.
- Pada kotak dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select
document type. Kemudian klik Next : Starting document.
- Kemudian Pada step yang selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.
- Pada Step yang ketiga ini kita akan membuat sumber data (data
source) untuk mail merge. Sumber data dalam contoh kali ini adalah sebagai berikut :
- Pilih Type a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next :
Write your letter.
- Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan
dokumen induk kita. Klik tombol Customize Columns, kemudian pilih
Field Name yang akan diganti, klik tombol Rename.
- Ketikkan Nama pada Change field name. Setelah selesai klik tombol
OK. Lakukan hal yang sama untuk field yang lain.
- Untuk menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan
dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk
menghapus field yang lain. - Kemudian klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk
menambah data yang baru klik tombol New Entry. - Setelah semua data diinput, klik tombol OK.
- Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data
sourcenya misal adalah 123. Kemudian klik tombol Save.
- Kemudian klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang
muncul, letakkan kursor di sebelah field nama, kemudian klik More
Item, Pilih field Nama, kemudian klik Insert. Lakukan untuk
memasukkan field yang lainnya.
- Klik tombol Next : Write your letter.
- Pada step ini anda dapat melihat masing–masing isi
datanya dengan mengklik Preview your letter. Kemudian klik Write
your letter.
Sumber : Ebook PCMedia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Office
dengan judul Mail Merge di word 2007 & 2010. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://weeklywork.blogspot.com/2013/06/mail-merge-di-word-2007-2010.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Admin -
Belum ada komentar untuk "Mail Merge di word 2007 & 2010"
Posting Komentar