Kumpulan artikel yang bermanfaat bagi pemilik dan bagi pengunjung blog ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Update Antivirus Manual

Teknis Ringkas Merancang Pagu Sementara RKAKL-DIPA 2014

Dalam merancang pagu sementara RKAKL-DIPA 2014 biasanya kita melihat/mengacu pagu DIPA 2013 yang kemudian diadakan beberapa perubahan baik pengurangan atau penambahan sesuai kebutuhan untuk tahun anggaran 2014. Dalam pembuatannya pun tidak asal-asalan, sebelumnya kita harus membuat Data Dukung DIPA 2014 yang memuat data-data pegawai, siswa (jika satker sekolah), inventaris dan kondisinya, sertifikasi dan lain-lain. Pada Kementerian Agama biasanya data dukung tersebut dimasukkan pada aplikasi ADP (Aplikasi Data Pendukung). Selain itu, satker juga melengkapinya dengan TOR dan RAB dan Kuasa Pengguna Anggaran dimintakan untuk membuat dan menandatangani SPTJM (Surat Pertanggungjawaban Mutlak) berkaitan dengan ADP.

Instalasi RKAKL-DIPA 2014

Lakukan Instal 3 file instaler di atas seperti biasa, yang perlu diperhatikan saat menjalankan instal adalah pastikan folder tujuan adalah C:\RKAKLDIPA14. Karena terkadang saat instalasi 3 aplikasi di atas menuju pada folder yang salah  (RKAKLDIPA12 atau RKAKLDIPA13 yg sudah terinstal). Jika itu terjadi, dijamin Aplikasi RKAKL-DIPA14 tidak akan berjalan dengan menampilkan pesan Error.

Mengcopy Pagu RKAKL-DIPA 2013 ke RKAKL-DIPA 2014 :

1. Buka Aplikasi RKAKL-DIPA 2013 (bukan 2014).
2. Menu Referensi > Tahun Anggaran > Klik tanda + (untuk menambah tahun anggaran 2014)
3. Menu Utiliti > Copy Antar Satker > masukkan Satker Asal > Tentukan Tahun Tujuan : pilih 2014 > klik Tambah > cari dengan memasukkan kode satker kita dan pilih > klik Proses.



4. Kemudian lakukan Backup: menu Utiliti > Backup Data RKAKL > secara default Tahun Anggaran: 2014, foder tujuan adalah C:\BK_RKAKL_2014, Pilih Kementerian - Unit - Lokasi, klik centang nama Satker > klik Proses. Dengan demikian Backup RKAKL-DIPA 2013 menjadi file Backup RKAKL-DIPA 2014 yang siap di Restore di Aplikasi Backup RKAKL-DIPA 2014.

5. Buka Aplikasi RKAKL-DIPA 2014, lakukan Restore: menu Utiliti > Restore Data RKAKL.

6. Silakan Edit sesuai kebutuhan satker tahun anggaran 2014 pada menu RKAKL 2014 > Form Belanja > Pilih Satker > centang pilihan OutPut yang akan ditampilkan > klik OK.



7. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah yang merupakan RUH Belanja Tahun Anggaran 2014 yang siap kita edit sesuai kebutuhan pagu anggaran 2014, melalui menu-menu yang telah disediakan di dalamnya baik menu ikon-ikon di atas maupun dengan meng-klik kanan pada lembar RUH. Selain membuat perubahan pada pagu yang dimaksud, kita juga bisa menambah Kegiatan/OutPut, Rekam Sub OutPut, Rekam Komponen, sub Komponen, merekam Akun, Header maupun Detil yang kita butuhkan.



Menampilkan/Input pagu (51) Belanja Pegawai pada Form Belanja RKAKL-DIPA 2014

Ketika me-Restore Backup seperti di atas, Belanja Pegawai belum masuk pada Form Belanja RKAKL-DIPA 2014. Untuk menginputnya, lakukan beberapa langkah mudah di bawah:

1. Buka Form Belanja RKAKL-DIPA 2014 seperti gambar di atas.
2. Klik Komponen  001 Pembayaran Gaji dan Tunjangan
3. Klik Edit




4. Klik Hitung Gaji dan OK


5. Maka pagu Belanja pegawai beserta rencana kenaikan gaji 6% otomatis muncul. Demikian, Semoga Bermanfaat.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Update RKAKL DIPA dengan judul Teknis Ringkas Merancang Pagu Sementara RKAKL-DIPA 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://weeklywork.blogspot.com/2013/08/teknis-ringkas-merancang-pagu-sementara.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Admin -

Belum ada komentar untuk "Teknis Ringkas Merancang Pagu Sementara RKAKL-DIPA 2014"

Posting Komentar